Blog

Miata 03

Built not Bought // Samuel’s Miata

Sometimes it’s easy to be involved in the automotive modification scene. One can simply browse and pick a good-looking car, slap some branded parts on it and call it a day. Easy. Job done. All that it takes are a few trips to the modification shops. Banyak yang melakukan hal seperti itu. Well, we aren’t saying that’s bad, ’cause it could actually end up with a worthy ride as well. Akan tetapi ada juga owners dengan tipe yang lain, yang menikmati masa-masa memodifikasi sebuah kendaraan, yang melakukan sebagian besar hal dengan kerja tangannya sendiri. Meet Samuel and his one-year-old-and-on-going Miata project.

It all started in the states. Samuel yang cukup lama tinggal di US ini sudah memiliki banyak sekali kendaraan yang menjadi bahan modifikasi, dari Euros hingga Japanese. Namun, jika dilihat dari sejarahnya, Samuel memiliki antusiasme khusus terhadap Japanese cars, terutama Estilo dan Miata. Konon, di sana ia sempat memodifikasi 6-7 buah Estilo dan Miata. Why these cars? One could have built a proper luxury Euro with that kind of amount spent! Well, it’s never been about the money nor the dollar value; Samuel memilih kendaraan-kendaraan ini karena menurutnya mereka memiliki balance yang pas antara power dan weight. It’s the driver’s cars. They handle well, ride well, and easy to tune.

Kegemaraannya akan Miata tetap melekat sekalipun Samuel harus kembali ke Indonesia dan kesulitan memperoleh manual transmission Miata di negeri kelahirannya ini. Namun pada akhirnya Samuel has managed to get hold on to this 2001 Evolution Orange M/T Miata. Meski sudah memperoleh kendaraan yang ia inginkan, tantangannya tidak berakhir begitu saja; ia pun justru kemudian kesulitan mencari parts untuk membangun kembali Miata ini. Sebagai jalan keluar, Samuel sendiri yang back and forth berkunjung ke US untuk membawa parts Miata yang diperlukan.

We should admit that the efforts Samuel has put into this car has turned this Miata into something more than the ordinary. It has that kind of feel, where it seems that every single part on this car has its own particular purpose; a purpose that Samuel himself has personally put in.

Proses modifikasi Miata ini sudah berjalan selama setahun saat sesi foto ini dilakukan, dengan pembangunan pada bagian kaki-kaki, eksterior, dan rekondisi mesin saja yang sudah terlaksana. Masih banyak rencana lain yang Samuel akan realisasikan pada kendaraannya ini, terutama pada bagian mesin dan technical aspects lainnya. Afterall, Samuel sendiri juga sebenarnya merupakan an engine-tuning-freak, jika dilihat dari sejarah horsepowers Estilo-Estilo yang dulu ia miliki.

What a lucky car this Miata is, to be at the hands of a true ‘modificator’. Most cars this aged would have either been crashed or mindlessly tuned by some ricers.

Sembari membangun Miata ini, Samuel juga sebenarnya sedang menyimpan sebuah proyek Estilo. We’ll post it up once it’s ready!

Modification Specs

BODYWORK
Mazdaspeed front bumper

WHEELS, TIRES, BRAKING SYSTEM AND SUSPENSION
XXR 002 16″x8 0 offset
BC coilovers
Endless brakepads

INTERIOR
Carbon fiber interior panels
Momo Tuner steering wheel

AUDIO SYSTEM
Kenwood head unit
Cliff design speakers
Venom Bazooka sub
Rockford 4 channels amplifier

ENGINE
Koyorad aluminum radiator 3 row
Akimbo cold air intake
Pivot engine start-stop
Custom header
Custom exhaust
Mazdaspeed stabilizer rod

Additional Infos

Photography by:
Winston J
Mobile: +6281932092426
Email: winston_jaury@hotmail.com